Profil singkat diriku…

firdaus baru1

Firdaus Cahyadi adalah seorang ayah, blogger, aktivis online, penulis opini di media massa, konsultan analisis media dan strategi komunikasi untuk organisasi masyarakat sipil, dan trainner pelatihan penulisan

 Firdaus Cahyadi dilahirkan di Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, 23 Mei. Anak ke-6 dari enam bersaudara ini tumbuh dan besar di Magetan dan Surabaya.

 

Pada tahun 1994 melanjutkan kuliah di Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Namun tidak selesai. Tahun 1996 melanjutkan kuliah di Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Universitas Hang Tuah Surabaya dengan beasiswa.

 

Mulai aktif dalam kegiatan jurnalistik dan gerakan mahasiswa sejak duduk di bangku kuliah. Pada tahun 1996 mulai aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Pada tahun 1998-1999 dipercaya menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan, Universitas Hang Tuah, Surabaya. Di tahun 1998 pula, bersama beberapa mahasiswa se-kampusnya, mendirikan Komite Aksi Hang Tuah Pro Demokrasi (Hantu-PD). Komite aksi itu rajin menggelar mimbar bebas dan aksi demonstrasi untuk meminta Soeharto mundur dari Presiden Republik Indonesia.

 

Pada tahun 1999-2000, bersama beberapa mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan di kampusnya, mendirikan Komite Aksi SORAK (Solidaritas untuk Rakyat Kenjeran). Komite Aksi itu didirikan untuk membela nelayan Kenjeran dari ancaman pencemaran logam berat dan juga reklamasi Pantai Timur Surabaya.

 

Pada tahun 2000, mulai aktif di pers kampus dengan menjadi Redaktur Pelaksana Hang Tuah Post. Sebuah bulletin yang terbit mingguan di kampus.

 

Selepas menyelesaikan studi di Fakultas Teknologi Kelautan Universitas Hang Tuah, pada tahun 2002, ia menjadi jurnlis di desk polhukam (politik, hokum dan keamanan) pada sebuah mingguan ‘Dialog’ yang terbit di Jakarta.

 

Selepas menjadi jurnalis, ia sempat bekerja di sebuah perusahaan pelayaran Wintermar di Jakarta pada tahun 2003. Di perusahaan itu, selain mengelola majalah internal perusahaan, juga menjadi internal auditor untuk QSHE (Quality, Safety, Health and Enviroment).

 

Pada tahun 2004, ia memutuskan keluar dari perusahaan pelayaran untuk kemudian beraktifitas di Sahabat Walhi Nasional, sebuah organisasi relawan yang dibangun Walhi Nasional untuk memperluas gerakan lingkungan hidup. Di organisasi itu, ia sempat menjadi koordinator untuk relawan-relawan Walhi.

 

Pada tahun 2005, ia dipercaya menjadi Program Manager di Mitra Emisi Bersih (MEB). Sebuah organisasi multi-stakeholder yang focus pada isu udara bersih di Jakarta. Pada saat itulah ia mulai rajin menulis di media massa untuk isu-isu lingkungan hidup.

 

Pada tahun 2006, ia diminta menjadi Konsultan Policy Reform and Dialogue di SwissContact, sebuah international NGOs yang saat itu memiliki program udara bersih di Jakarta. Pada tahun yang sama ia juga aktif sebagai Koordinator Working Group Clean Air pada Kaukus Lingkungan Hidup Jakarta, sebuah organisasi yang anggotanya aktivis NGOs dan anggota DPRD Jakarta.

 

Pada tahun 2007, ia aktif di OneWorld Indonesia (Yayasan SatuDunia), sebuah NGOs yang memiliki mandate memperkuat masyarakat sipil melalui informasi, komunikasi, pengetahuan dan teknologi. Selama aktif di OneWorld Indonesia itu ia juga menjadi coordinator advokasi dan kampanye untuk membatalkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Konvergensi Telematika. Sebuah RUU tentang Telematika yang dinilai sarat dengan nuansa liberalisasi sector telekomunikasi dan informatika.

 

Pada tahun 2013, ia mengundurkan diri dari OneWorld Indonesia dan kemudian bekerja sebagai Direktur Informasi dan Komunikasi (INFOKOM) di Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). Saat menjadi Direktur INFOKOM di AMAN itu pula, ia dipercaya menjadi coordinator Indigenous Voice of Asia (IVA) untuk Indonesia.

 

Pada tahun 2015, ia diminta untuk kembali ke OneWorld Indonesia dan dipercaya menjadi Direktur Eksekutif di organisasi tersebut hingga kini. Saat ini OneWorld Indonesia melaksanakan mandate penguatan masyarakat sipil dengan jalan membuka kelas pelatihan untuk aktivis dalam hal menulis, knowledge management, analisa media dan perencanaan strategi komunikasi.

 

Selain aktif di NGOs, ia juga menjadi penulis aktif kolom opini di berbagai media massa. Tulisannya sering dipulikasi di kolom opini Harian KOMPAS, The Jakarta Post, KONTAN, Bisnis Indonesia, Media Indonesia, Koran TEMPO dan Republika. Selain itu ia sering menulis di blog pribadinya dan juga website user generate content seperti Kompasiana dan Indonesiana.tempo.co. Topik yang sering ditulisnya terkait dengan isu lingkungan hidup, ekonomi-politik, telematika dan sosial.

 

Advertisements

7 thoughts on “Profil singkat diriku…

Add yours

  1. akhirnya aku terdampar di sin juga. 🙂 biasanya kan cuma kenal lewat balebengong.net atau satudunia.net saja. hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: