Peran Zakat untuk Korban Bencana

LongsorPurworejo_Evakuasi_DMC_Dompet_Dhuafa_Zakatnesia_Ramadhan

Sumber foto: Dompet Dhuafa

Menjelang lebaran, biasanya media-media massa memberitakan mengenai perbaikan jalan raya menuju Jawa Tengah, Jogjakarta dan Jawa Timur yang akan dilintasi pemudik dari Jakarta. Namun, kali ini pemberitaan persoalan perbaikan jalan itu tidak menjadi headline alias berita utama di media-media massa. Bukan karena jalan rayanya sudah baik, tapi lebih dikarenakan ada berita yang lebih penting dari sekedar perbaikan jalan raya di Jawa jelang mudik.

Berita apa yang bisa menenggelamkan berita tentang perbaikan jalan raya di Jawa yang secara rutin menjadi headline media massa itu? Berita itu adalah tentang bencana tanah longsor di Purworejo dan banjir bandang di Solo, Jawa Tengah.

Seperti yang ditulis di portal berita bbc.com, hingga Senin (20/06) sore, jumlah korban tewas akibat bencana banjir dan longsor di lima kabupaten di Jawa Tengah, bertambah menjadi 47 orang. Sementara 15 orang masih dinyatakan hilang.Sementara banjir di Solo akibat meluapnya sungai  menyebabkan ribuan warga menjadi pengungsi.

Sejanak marilah kita merenung dan melakukan refleksi diri. Bagaimana seandainya apa yang dialami oleh korban tanah longsor di Purworejo dan banjir di Solo, Jawa tengah itu kita alami?

Masihkah kita sampai hati membelanjakan uang  THR (Tunjangan Hari Raya) kita untuk baju baru sementara saudara-saudara kita di Purworejo dan Solo banyak yang tidak memiliki pakaian? Masikah kita tega membelanjakan uang THR kita untuk membeli makanan lebaran secara berlebihan sementara saudara-saudara kita di Purworejo dan Solo banyak yang kelaparan?

Marilah sisihkan sedikit uang THR kita untuk membantu dan meringankan penderitaan mereka. Lembaga-lembaga amil Zakat, seperti Dompet Dhuafa, sudah membuka donasi untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana di Purworejo dan Solo.

Toh seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sekarang tidak sulit untuk membantu mereka. Seperti kampanye zakatnesia, bahwa berzakat semudah kita memberikan like di facebook.

Uang zakat kita sangat berperan untuk membantu mereka. Beberapa relawan lembaga amil zakat, seperti Dompet Dhuafa sudah terlihat mendirikan posko di lokasi bencana. Mereka juga bersama-sama pihak lainnya tampak ikut aktif melakukan evakuasi terhadap korban bencana.

Bahkan dengan trobosan zakat untuk advokasi,  bisa jadi uang zakat kita juga berperan untuk mencegah jangan sampai kejadian itu terulang lagi kedepannya. Yuk berzakat.

Zakatnesia

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: