Jelang Lebaran, Pilih Zakat atau Belanja?

uang

sumber gambar: https://uangteman.com

Setiap menjelang lebaran, iklan-iklan semakin giat menawari kita dengan berbagai diskon. Bahkan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), iklan tidak hanya datang di layar kaca ataupun radio namun, langsung bisa datang ke gadget atau perangkat komunikasi kita. Iklan bisa datang melalui sms (pesan singkat melalui handphone) atau email.

Salah satu iklan yang datang melalui email datang dari sebuah toko online. Dalam iklannya, toko online itu menawarkan berbagai barang yang sudah didiskon.Barangnya bagus-bagus. Menarik mata.

Namun, sebenarnya bukan hanya toko online yang bisa mengiklankan barangnya langsung ke konsumen. Lembaga amil zakat pun bisa menawarkan program pemberdayaannya langsung ke calon pembayar zakat. Dompet Dhuafa misalnya, salah satu lembaga amil zakat yang sering menawarkan program-programnya ke calon pembayar pajak via email. Bahkan salah satu kampanye Zakatnesia adalah berzakat semudah memberikan like seperti di media sosial.

Teknologi informasi memang memudahkan segalanya. Sekarang pilihan ada di tangan kita. Apakah kita akan menghabiskan uang THR (kalau dapat THR) dengan berbelanja atau dengan berzakat?

Sebelum memilih salah satunya ada baikknya kita sejenak melihat ke sekeliling kita. Lihatlah di pemukiman padat di bantaran sungai. Pemukiman meraka sejatinya tidak layak secara lingkungan hidup. Tapi apa daya, mereka tidak punya pilihan lain. Harga tanah sangat mahal, tak terjangkau oleh mereka.

Atau kita coba baca data statistik yang menunjukan tingkat kesenjangan sosial kita yang makin melebar. Si kaya makin kaya dan si miskin makin miskin.

Nah, setelah melihat lingkungan sekitar dan membaca berita tentang kesenjangan sosial itu, kira-kira apakah kita masih bisa menghabiskan uang THR kita untuk berbelanja?

Zakatnesia

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: