Anak Bertanya, Kenapa Harus Berzakat?

20131222banjir_purworejo

Banjir di Purworejo, Jawa Tengah. Sumber foto: antaranews.com

“Ayah, untuk apa sih kita harus bayar zakat segala?” tanya anakku, “Bukankah menyantuni orang miskin itu menjadi kewajiban negara?”

Aku pun terdiam mendengar pertanyaan anakku, yang umurnya belum genap 8 tahun. “Benar, bahwa kewajiban negara melindungi seluruh warganya, termasuk warga miskin,” jawabku,”Namun, kadang tidak semua bisa dijangkau pemerintah dengan cepat,”

“Pemerintah memiliki keterbatasan anggaran dan kadang penyaluran dana bantuan untuk warga miskin harus melalui birokrasi yang panjang, sehingga lama prosesnya,” tambahku lagi, “Sementara seringkali warga miskin atau mereka yang terkena musibah harus mendapatkan pertolongan secepatnya,”

Aku pun menyodorkan koran KOMPAS, 20 Juni 2016. Di koran itu tertulis berita mengenai kejadian longsor di Purworejo, Jawa Tengah, yang mengakibatkan 35 orang tewas dan 25 orang lainnya masih hilang. “Mereka yang masih hidup dan kehilangan rumah harus mendapatkan pertolongan dengan cepat,” tambahku, “Beberapa lembaga amil zakat, seperti Dompet Dhuafa dan lainnya, seringkali bergotong royong bersama pemerintah dan masyarakat lainnya untuk membantu mereka dengan cepat,”

“Dan satu lagi yang lebih penting,” jelasku, “Di setiap harta kita itu ada hak orang-orang miskin. Jadi hak itu harus ditunaikan.”

Anakku manggut-manggut mendengar penjelasanku tentang zakat itu. Memang sejak dini pentingnya zakat harus dikenalkan kepada anak-anak. Program Zakatnesia dari Dompet Dhuafa diharapkan bukan hanya mampu meningkatkan kesadaran umat Islam dewasa untuk bayar zakat namun juga memberikan pendidikan publik kepada anak-anak tentang pentingnya zakat. Kenapa anak-anak? Karena 5-10 tahun mendatang merekalah yang menjadi pemimpin-pemimpin di negeri ini.

Zakatnesia

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: