10 Tahun Lumpur Lapindo, Kemenangan Daulat Pasar

lapindo

Tanggal 29 Mei tahun ini, genap 10 tahun lumpur Lapindo meluluhlantakan tanah warga di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Tak heran kemudian, tanggal 29 Mei ditetapkan sebagai hari Anti-Tambang oleh organisasi masyarakat sipil di Indonesia.

Melihat kasus lumpur Lapindo, kita akan melihat pula kemenangan mekanisme pasar di atas mekanisme lainnya dalam penyelesaian sebuah persoalan publik. Lihat saja, yang menjadi dasar dalam penyelesaian kasus lumpur Lapindo adalah mekanisme jual beli aset tanah dan rumah korban lumpur yang tenggelam. Mekanisme jual beli adalah mekanisme pasar.

Karena menggunakan mekanisme jual beli maka, yang diperhitungkan adalah luasan tanah dan bangunan. Soal meningkatnya biaya kesehatan masyarakat, hilangnya mata pencarian, trauma psikologis dan sebagainya tidak pernah diperhitungkan dalam mekanisme jual beli itu. Tidak jelas pula siapa yang nantinya akan bertanggungjawab terhadap kerusakan ekologis akibat semburan lumpur Lapindo.

Daulat Pasar. Mungkin kata itu yang tepat untuk menggambarkan kejadian semburan lumpur Lapindo. Mekanisme jual beli dipakai bukan sebuah kebetulan, namun didasarkan oleh perhitungan ekonomi yang matang. Mekanisme jual beli dalam menyelesaikan kasus lumpur Lapindo didasarkan pada sebuah asumsi bahwa semburan lumpur itu akibat bencana alam bukan kesalahan pengeboran. Asumsi ini harus terus diyakini untuk menyelamatkan kelangsungan ekplorasi dan ekploitasi migas di kawasan padat huni Sidoarjo. Di bawah bumi Sidoarjo masih tersimpan kekayaan migas yang luar biasa. Kekayaan itu harus diekploitasi untuk akumulasi laba korporasi. Jika asumsi semburan lumpur Lapindo adalah bencana alam goyah maka warga Sidoarjo akan melakukan penolakan terhadap rencana pengeboran baru di kawasan itu.

Dalam konteks inilah daulat pasar mengalahkan daulat rakyat. Dan pada kasus lumpur Lapindo, kita melihatnya secara nyaris telanjang.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: