KTP untuk Ahok dan Potensi Kebocoran Data Pribadi

 

teman-ahok

“Luar biasa. Jumlah ini melebihi target kita yang hanya 7.500 (copy KTP) per hari. Mungkin ini jawaban dari warga Jakarta atas keputusan Pak Ahok maju di jalur Independen.” kata Amalia Ayuningtyas, Juru Bicara Teman Ahok seperti dikutip dari temanahok.com (lihat di link ini). Itu gambaran begitu banyaknya copy KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang diserahkan oleh warga Jakarta untuk pencalonan Ahok maju menjadi Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen.

KTP adalah sebuah kartu yang memuat data-data pribadi kita sebagai warga negara. Di Indonesia penyalahgunaan data pribadi begitu marak. Contoh yang paling sering kita temui adalah para penjual produk mengetahui nama dan nomor telepon kita untuk menawarkan produk dan layanannya. Semula hanya produk perbankan dan asuransi, namun kini telah meluas ke produk lainnya dari obat pelangsing hingga  (maaf) layanan prostitusi.

Ada sebuah kasus di Singapura, seorang seorang karyawan bank swasta besar dipecat karena membocorkan data 87 nasabah. Data itu berupa nama, alamat surat elektronik, dan kekayaan. Nah bagaimana jika KTP warga yang sudah diserahkan untuk pencalonan Ahok lewat jalur independen itu kemudian disalahgunakan untuk peruntukan lain? Apakah ada hak warga yang telah menyerahkan KTP untuk menuntut Teman Ahok?

Kemana negara dalam melindungi data pribadi warganya? Maaf negara sedang tidur nyenyak, sementara warganya sedang bergembira menyerahkan copy KTPnya, tanpa jelas bagaimana perlindungan data pribadinya.

sumber foto: http://www.newsth.com/ruptik/3018/berita-terkini-ahok-makin-melenggang-maju-pilkada-2017-jalur-independen-jumlah-ktp-melewati-partai-demokrat/

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: