Hary Tanoe, ‘Disneyland’-mu Berpotensi Ancam Mata Air di Cigombong

Foto mata air 1Pada 1 Oktober lalu kawan-kawan dari Rimbawan Muda Indonesia (RMI) singgah ke Cigombong. Ada oleh-oleh menarik kawan-kawan RMI itu. Oleh-oleh itu adalah cerita tentang mata air di Desa Cigombong. Menurut penuturan warga Kampung Ciletuh Hilir setempat mata air bening itu keluar dari dalam tanah secara alami, ditemukan secara tidak sengaja ketika ada pengujian kualitas tanah yang dilakukan untuk pembuatan jalan tol.

Mata air ini kemudian menjadi sumber air bagi warga. Biasanya warga menampung air pada jerigen lalu dibawa ke rumah masing-masing. Salah satu warga berkata “Air dibawa semampunya, biasanya 2 jerigen kebawa pakai motor, sehari bisa 10 kali bolak-balik untuk ambil air”.

Foto mata air 2Kampung Ciletuh Hilir masuk ke dalam wilayah Desa Wates Jaya – Kecamatan Cigombong Bogor, dihuni oleh 1.100 jiwa (600 KK). Sekitar 85% warga bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Namun sebagian besar lahan untuk pertanian bukan milik sendiri; lahan dikuasai oleh swasta/perusahaan. Selain petani, ada pula warga yang menjadi pengrajin seeng (dandang) yang produknya dipasarkan ke kota Bogor, Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

Sudah hampir 5 bulan ini warga mengalami krisis air karena kemarau panjang, hingga warga mendapat bantuan air dari PT. Aqua Danone Cicurug. Sekitar 2 bulan, bantuan datang seminggu 2 kali di 5 titik lokasi. Hanya warga terdekat dengan mata air yang tidak mendapat bantuan air. Mata air itu menghindarkan warga sekitar dari bencana kekeringan.
Namun, nampaknya hal itu tidak berlangsung lama. MNC Group rencananya akan membangun kawasan wisata super mewah di kawasan tersebut. Bahkan, beberapa media massa menyebutkan kawasan akan menyerupai Disneyland. Kawasan wisata mewah itu rencananya akan memadukan hotel konvensi, vila, arena golf, theme park kelas dunia, taman safari dan fasilitas lainnya di atas lahan seluas  ±2.000 ha yang bertaraf Internasional.

harry tanoeLantas, bagaimana nasib mata air yang pada saat kekeringan mampu menghindarkan warga dari bencana kekeringan? Mata air itu pun terancam hilang, karena lahan sawah yang berada di sekitar mata air Ciletuh Hilir itu pun sudah dikuasai oleh perusahaan. Sehingga jika perusahaan memiliki rencana untuk pengalihan fungsi lahan sawah maka besar kemungkinan mata air ini pun akan hilang. Mata air itu akan berubah menjadi kawasan wisata mewah. Dan itu bukan untuk warga Cigombong, yang rata-rata menjadi petani dan pengrajin. Kawasan wisata yang mirip Disneyland itu untuk orang-orang kaya yang tinggal di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Selamat tinggal mata air…Selamat datang air mata di Cigombong….

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: