Ketika Ahok Menantang Warganya…

Di berbagai media massa sering diberitakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Ahok, sering mengeluarkan tantangan kepada warganya yang memiliki pemikiran yang berbeda terhadap kebijakan pembangunannya.

Ahok pernah menantang warganya untuk berdebat terkait dengan proyek 6 jalan tol dalam kota yang dinilai akan menambah kemacetan lalu lintas dan polusi udara di Jakarta. Ahok juga pernah menantang debat warganya yang mempertanyakan kebijakan terkait reklamasi pantai Jakarta yang dinilai hanya diperuntukan orang-orang kaya dan membahayakan lingkungan hidup.Ahok juga pernah menantang warganya berdebat terkait dengan ritual penggusuran warga miskin kota dan proyek normalisasi sungai di Jakarta. Pendeknya, Ahok Meselalu menantang berdebat siapa saja yang mempertanyakan kebijakannya.

Tantangan berdebat dari Ahok ini adalah sesuatu yang aneh. Tak lazim dilakukan oleh seorang pemimpin yang tugasnya melayani warga. Jika benar Ahok pemimpin yang melayani warga, seharusnya yang dilakukan Ahok bukan menantang warganya yang berbeda pendapat namun mengundangnya baik-baik untuk berdiskusi, bersama-sama mencari jalan yang terbaik bagi penyelesaian persoalan di Jakarta.

Menantang debat warganya, tentu bukanlah sikap pemimpin yang melayani warganya. Menantang debat warganya adalah sikap penguasa yang ingin melumpuhkan partisipasi warganya dalam membangun wilayahnya.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: