Karena Kita Orang Beragama…

Ritual ancaman itu hampir selalu terjadi di bulan September. Ancaman bahwa kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Publik selalu disuguhi informasi tentang kekejaman PKI. Bahkan dulu di era Orde Baru, ada sebuah film fiksi yang menggambarkan kekejaman PKI. Dan film itu wajib ditonton oleh anak-anak sekolah. Saya termasuk korban dari pembodohan gaya Orde Baru itu.

Padahal kekejaman sesungguhnya terjadi setelah 1 Oktober 1965. Ratusan ribu hingga jutaan orang yang diduga PKI dibunuh secara sadis dan dipenjarakan tanpa proses pengadilan. Pembunuhan besar-besaran itu kemudian dijadikan pondasi bagi rejim Orde Baru untuk membangun kekuasaannya. Dan apa yang terjadi setelah Orde Baru berkuasa?

Setelah Orde Baru berkuasa, dengan mudahnya pemerintah melakukan pembunuhan terhadap rakyatnya sendiri. Ada kasus pembunuhan terhadap saudara-saudara kita di Aceh, Papua, Tanjung Priok, Lampung dsb. Kenapa semua itu terjadi? Karena pemerintah merasa tidak bersalah menumpahkan darah rakyatnya sendiri. Membunuh jutaan rakyat sendiri di tahun 1965 tanpa proses pengadilan saja tidak ada yang mengutuk, apa lagi membunuh rakyat yang jumlahnya lebih kecil dari pembantaian pada tahun 1965.

Serangkaian kekerasan dan pembunuhan di masa Orde Baru itu bukan semata-mata kesalahan rejim. Namun, juga kesalahan genarasi tua yang tidak berani mengutuk pembunuhan massal yang menjadi pijakan Orde Baru berkuasa selama 32 tahun.

Tentu kita tidak ingin kesalahan generasi tua itu kita warisi. Kita yang mengaku orang beragama tentu tidak ingin pemerintah dengan kekuasaannya begitu mudah menumpahkan darah rakyatnya seperti Orde Baru. Untuk itulah kita orang beragama harus mengutuk pembantaian massal dan kekerasaan yang terjadi pada ratusan ribu hingga jutaan warga negara tanpa proses pengadilan. Apalagi pembantaian di tahun 1965 sudah melewati batas-batas akal sehat dan nilai-nilai kemanusiaan.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: