Kebangkitan Komunis atau Orde Baru?

Media massa akhir-akhir ini dihebohkan dengan isu bangkitnya komunisme di Indonesia. Isu bangkitnya komunisme di Indonesia itu mulai muncul sejak ada desas-desus bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas nama negara akan meminta maaf kepada korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) tahun 1965-1966.
Isu mencuatnya kebangkitan komunisme saat ini bertambah kuat ketika pada saat pawai peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-70 di Pamekasan, Madura ditemukan simbol palu arit yang selama ini dikenal sebagai lambang dari PKI. Media massa pun heboh. Bahkan pada saat yang hampir bersamaan sebuah televisi perlu menggelar talkshow tentang kemungkinan kebangkitan paham komunisme ini.
Dulu rejim Orde Baru berhasil menggulingkan Presiden Soekarno dengan menggunakan isu PKI. Setelah itu rejim Orde Baru menggunakan isu PKI ini untuk meredam protes atas kebijakan-kebijakan pembangunannya yang korup dan merugikan masyarakat.
Munculnya kembali isu bahaya bangkitnya komunisme kali ini menarik untuk dicermati. Hal tersebut disebabkan pola-pola kemunculan isu bangkitnya komunisme kali ini hampir sama ketika Orde Baru masih berkuasa.

Dahulu pada saat Orde Baru masih berkuasa, setiap menjelang bulan September, isu bangkitnya komunisme selalu dihembuskan. Kepada anak-anak sekolah hampir selalu dihembuskan desas-desus telah ditemukan lambang palu-arit di sebuah sekolah. Desas-desus itu kemudian diikuti dengan adanya operasi razia terhadap barang-barang milik siswa sekolah untuk mencari kemungkinan adanya simbol PKI yang disimpan. Untuk menambah kesan dramatis, razia itu melibatkan aparat keamanan. Akhirnya drama panjang tentang kemungkinan bangkitnya komunisme itu ditutup dengan mewajibkan para siswa sekolah menonton film fiksi G30S/PKI pada akhir September.
Entah kebetulan atau tidak isu kebangkitan komunisme kali ini juga dihembuskan dan menjadi heboh menjelang bulan September. Bahkan, mencuatnya isu kebangkitan komunisme itu telah membuat seorang tokoh Organisasi Massa (Ormas) yang berlabel agama menyerukan agar pemerintah memutar kembali film fiksi G30S/PKI di televisi.
Isu PKI dan Orde Baru adalah dua mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Karena Isu PKI lah Orde Baru dapat berkuasa. Nah, pertanyaannya adalah apakah isu kebangkitan komunisme kali ini sebenarnya adalah sinyal kebangkitan model pembangunan ala Orde Baru?
Ciri khas dari model pembangunan Orde Baru adalah difungsikannya negara untuk menjamin kepentingan segelintir pemilik modal. Seringkali kepentingan para pemilik modal ini bertentangan dengan kepentingan warga. Dan ketika ada konflik antara keduanya, negara harus berpihak kepada pemilik modal. Negara harus hadir menertibkan protes dan perlawanan masyarakat.
Nampaknya ciri khas dari model pembangunan Orde Baru itu kini mulai dianut pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan secara jelas Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan ingin mensinergikan stabilitas keamanan dan ekonomi seperti era Orde Baru. Sebelumnya, ia juga pernah mengancam akan membolduser pihak-pihak yang menghalangi ekspansi perkebunan sawit. Di sisi lain pemerintah juga ingin kembali menghidupkan pasal penghinaan kepada presiden yang pada era Orde Baru berhasil menjerat para aktivis pro-demokrasi.
Dari beberapa kejadian di atas sulit rasanya untuk tidak mengatakan bahwa di balik isu kebangkitan paham komunisme akhir-akhir ini heboh sejatinya sebuah sinyal kebangkitan dari model pembangunan Orde Baru kapitalistik dan represif.
Sebagian warga Indonesia tentu berharap negeri ini tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama seperti di era kegelapan rejim Orde Baru. Atas nama pembangunan, meskipun sebenarnya hanya menguntungkan segelintir orang, kepentingan warga negara dikorbankan. Pertanyaan berikutnya apakah kita, sebagai masyarkaat, cukup sadar bahwa ancaman bangkitnya kembali model pembangunan ala Orde Baru itu lebih nyata dan berbahaya daripada bangkitnya paham komunis di Indonesia?

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: