Konglomerasi Media di Indonesia Makin Mengkuatirkan

Pemilihan presiden (pilpres) 2014 sudah usai. Ada sesuatu yang memprihatinkan selama proses pilpres 2014. Apa itu? Salah satu hal yang mengkuatirkan itu adalah konglomerasi media di negeri ini.

Dalam pilpres 2014 lalu, kita disuguhkan oleh media massa yang terpolarisasi. Ada media massa yang mendukung kubu Prabowo Subianto dan ada yang mendukung Jokowi. Polarisasi itu nampak jelas pada pemberitaan media-media massa tersebut.

Bahkan menurut temuan SatuDunia, seperti dipublikasikan dalam www.iklancapres.org, hal itu juga tercermin dalam pembagian kue iklan politik dari caperes.

Dalam politik itu tidak ada lawan dan teman abadi, yang ada adalah kepentingan abadi. Nah dapat dibayangkan bila kemudian nanti pemilik media-media besar yang selama pilpres lalu terpolarisasi tiba-tiba pemiliknya bersatu mendukung presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Jika itu terjadi, hampir dapat dipastikan fungsi kontrol sosial dari media akan mandul. Jika sudah demikian runtuhlah pilar demokrasi ke-4 yang diperjuangkan rakyat sejak 1998.

Keprihatinan itulah yang membuat saya membuat petisi di change.org. Saya berharap rekan-rekan yang masih peduli dengan media massa di negeri ini dapat menandatangani petisi tersebut. Caranya mudah tinggal klik di link petisi di https://www.change.org/petitions/komisi-penyiaran-indonesia-kpi-savemediamassa-atur-konglomerasi-media-di-indonesia

Saya berharap kali ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan pemerintah baru hasil pemilu segera mengatur konglomerasi media di negeri ini.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: