Politik Tai Kucing

“Politik Tai Kucing!” Ujar Nicholas Saputra saat memerankan sosok Soe Hok Gie dalam film GIE. Politik Tai Kucing, seperti yang diungkapkan Gie itu merupakan bentuk kekecewaan Gie dan kawan-kawannya terhadap permainan politik yang tidak bermutu.

sby-anas-ibas_full
Sumber Foto:http://www.hariansumutpos.com/2013/02/52261/ibas-mundur-anas-muncul#axzz2M9VaM1zw

Dan kini permainan politik tidak bermutu itu kembali muncul. Banyak petinggi partai politik yang kini menjadi tersangka kasus korupsi. Dari partai yang sekuler hingga partai yang mengklaim berasas Islam, ternyata tokoh-tokohnya tidak bebas dari jeratan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti biasa, para tersangka korupsi itu melakukan perlawanan. Mereka menuduh ini semua adalah rekayasa untuk kepentingan politik tertentu. Bahkan setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi, rumah mereka justru banyak didatangi oleh kawan-kawan mereka yang juga elite politik di negeri ini. Mereka berdalih memberikan dukungan moral kepada kawannya yang kini menjadi tersangka kasus korupsi.

Aneh ya, para elite negeri ini memberikan dukungan moral kepada tersangka kasus korupsi. Sementara elite politik yang sekarang menjadi tersangka korupsi beserta para pembelanya itu memilih membisu dan tidak memberikan dukungan moral apalagi politik bagi warga miskin yang menjadi korban penggusuran, pelayanan rumah sakit yang buruk, kerusakan lingkungan hidup dan keserakahan korporasi yang predatorik.

Dulu Soekarno, Tan Malaka, Sjahrir, Hatta adalah para aktivis politik yang juga pernah dipenjara. Tapi mereka dipenjara, bahkan sebagian diantara mereka dibunuh karena melakukan perlawanan terhadap penindasan dan memepertahankan pemikiran mereka. Kini para aktivis politik banyak dipenjara karena kasus korupsi..benar-benar sebuah penurunan kualitas dalam berpolitik. Sekarang politik semakin jauh dari urusan rakyat. Tak berlebihan bila kita kembali mengatakan, “POLITIK TAI KUCING!”

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: