Wapres Boediono, Revisi Instruksi Anda soal Jakarta!

Rencana pembangunan 6 jalan tol dalam kota ternyata terdapat dalam instruksi Wakil Presiden Boediono terkait upaya mengatasi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Entah angin dari mana yang berhembus ke telinga Wapres Boediono sehingga beliau memasukan pembangunan 6 jalan tol dalam kota Jakarta ke dalam instruksinya. Padahal, pembangunan 6 jalan tol dalam kota Jakarta justru akan menambah kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Sebagai seorang professor, bukan hal yang sulit bagi Boediono untuk membaca hasil penelitian di berbagai negara bahkan di Indonesia sendiri terkait dengan pengaruh pembangunan jalan raya baru, termasuk jalan tol dalam kota terhadap bertambahnya kemacetan lalu lintas.

Di Indonesia sendiri, studi kelayakan pembangunan jalan tol dalam kota Jakarta pada 2005 yang dilakukan oleh PT Pembangunan Jaya jelas mengungkapkan bahwa setiap pertambahan jalan sepanjang 1 km di Jakarta akan selalu dibarengi dengan peningkatan jumlah kendaraan sebanyak 1923 mobil pribadi. Dapat dibayangkan berapa penambahan penggunaan mobil pribadi jika 6 jalan tol sepanjang lebih dari 60 km. Dan itu berarti kemacetan lalu lintas dan polusi udara semakin parah.

Beberapa waktu yang lalu, petisi ‘Batalkan Pembangunan 6 Jalan Tol dalam Kota Jakarta’ sudah diserahkan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta.  Bahkan muncul pula petisi yang ditujukan kepada 4 bank nasional yang menyatakan berminat mendanai proyek 6 jalan tol dalam kota Jakarta itu. Petisi kepada 4 bank nasional itu dapat dilihat di link ini.

Nah saat ini tidak ada salahnya bila kita mengirimkan pesan ke Wapres Boediono untuk merevisi Instruksi Wapresnya soal kemacetan lalu lintas di Jakarta, yaitu dengan mengeluarkan rencana pembangunan 6 jalan tol dalam kota dari instruksi wapresnya. Gimana caranya?

Bila kita pengguna twitter, silahkan kirim pesan (mention) ke @boediono dengan isi pesan:

Pak Wapres @boediono, keluarkan rencana bangun #6JlnTolJkt dari instruksi anda terkait kemacetan Jkt

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: