Soal Penulis Buku Lapindo yang Hilang itu….

Hari Jum’at pekan lalu, 22 Juni 2012, saya tidak masuk kerja. Saya sengaja tidak online. Saya ingin melewatkan waktu akhir pekan dengan keluarga. Resikonya saya kehilangan beberapa informasi penting.

Salah satu informasi penting itu adalah dikabarkannya penulis buku soal kasus Lapindo, Ali Azhar Akbar, yang hilang. Saya kaget. Saya kenal Ali Azhar Akbar ketika sama-sama concern menyoroti kasus Lapindo. Bedanya, Mas Ali, begitu saya memanggilnya, menempuh cara dengan menerbitkan buku dan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) soal penggunaan uang rakyat di APBN untuk penanganan kasus Lapindo. Sementara saya lebih sering menuliskan soal kasus Lapindo di media massa dan sosial media di internet.

Suatu saat di kantor saya, mas Ali, pernah mengutarakan niatnya membawa kasus Lapindo kembali ke pengadilan. Waktu itu saya belum paham, jika itu ternyata ia realisasikan dengan mengajukan gugatan ke MK. Saat itu, ia secara langsung memberikan buku  yang berjudul, “Konspirasi SBY-Bakrie” ke saya.

Saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Saya sudah coba mengontak kawan dekatnya yang juga kawan saya, Pak Tjuk Sukiadi, dosen Univ. Airlangga Surabaya. Namun, ia juga menyatakan tidak bisa mengontaknya. Hari ini (25/6), saya coba hubungi kawan saya yang di Komnas HAM, Bang Syaf, yang juga mantan aktivis Walhi Jatim. Sepertinya, Komnas HAM juga belum menyelidiki soal hilangnya Ali Azhar Akbar.

Beberapa forum di internet menilai hilangnya Ali Azhar Akbar adalah sekedar trik marketing buku barunya. Saya juga tidak tahu kebenaran dari penilaian itu. Namun, rasanya tidak mungkin seorang Ali Azhar Akbar mengorbankan reputasinya hanya sekedar untuk kepentingan marketing bukunya.

Semoga dalam beberapa hari kedepan ada kejelasan mengenai keberadaan Ali Azhar Akbar…amien!

Keterangan

sumber foto: Yayak Yatmakahttp://www.facebook.com/photo.php?fbid=3808428243479&set=a.1159411459715.181966.1060622957&type=1

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

