Kata Pengantar Penulis
29 Mei 2006 adalah sebuah tanggal yang bersejarah bagi warga Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Pada tanggal tersebut, semburan lumpur Lapindo menghancurkan kehidupan warga Porong.
Bukan hanya rumah dan tanah yang tenggelam dan hancur. Tapi juga harapan akan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Sejak muncul semburan lumpur misalnya, mereka harus rela menghirup udara beracun dan menggunakan air yang tercemar.
Bukan hanya itu, anak-anak pun terpaksa harus putus sekolah. Banyak orang tua yang kehilangan pekerjaan. Berbagai perosalan sosial lainnya pun muncul.
Namun, semua persoalan sosial dan lingkungan hidup yang muncul akibat semburan lumpur itu tidak pernah diperhatikan pemerintah. Pemerintah hanya fokus pada persoalan jual beli tanah. Seakan jika persoalan jual beli tanah selesai, selesai pula kasus lumpur Lapindo ini.
Penyelesaian kasus Lapindo yang jauh dari kata adil inilah yang melatarbelakangi penulis menulis buku ini. Saat buku ini ditulis, kasus Lapindo hampir memasuki usia ke-6 tahun. Sebuah waktu yang terlalu panjang bagi korban Lapindo untuk menderita dan diperlakukan tidak adil.
Penulis berharap, buku kecil ini dapat bermanfaat bagi kita semua warga Indonesia. Paling tidak buku ini bisa digunakan untuk melawan penyakit lupa bahwa pernah terjadi tragedi kemanusiaan yang terjadi di Porong pada 29 Mei 2006 silam. Dengan tidak lupa, penulis berharap tragedi kemanusiaan lumpur Lapindo itu tidak pernah terulang lagi di waktu yang akan datang dan di kawasan lainnya.

Jakarta, 18 Mei 2012
Firdaus Cahyadi

Buku dapat diunduh di http://www.slideshare.net/dausinstitute/sidoarjo-bangkit-melawan-mei-2012

atau di http://www.satuportal.net/content/share-ebook-sidoarjo-bangkit-melawan

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: