Mengapa Islam Mengharamkan Homoseksual dan Lesbian?

Akhir-akhir ini berita di media massa diwarnai dengan perdebatan persoalan homoseksual dan lesbian. Perdebatan itu muncul seiring dengan kedatangan aktivis feminis muslim yang katanya mengaku seorang lesbian. Diskusi yang menghadirkan aktivis feminis itu akhirnya dibubarkan aparat keamanan, yang katanya atas desakan organisasi Islam.

Saya adalah seorang muslim. Namun, ilmu saya tentang agama Islam masih cekak. Ketika ada yang bertanya kepada saya, mengapa Islam mengharamkan orientasi sex homo dan lesbian, maka saya tidak bisa langsung menjawab. Saya harus membuka buku dulu dan mencoba menafsirkannya. Karena cekak ilmunya, bisa jadi tafsiran saya ini tidak tepat.

Kembali ke pertanyaan, mengapa Islam mengharamkan orientasi sex homoseksual dan lesbian? Ada orang yang berpendapat bahwa orientasi sex homoseksual dan lesbian adalah hak asasi manusia. Setiap orang berhak memiliki orientasi sex yang berlainan dengan mainstream (arus utama), yaitu orientasi sex dengan lawan jenis.

Memang benar, bahwa orientasi sex, termasuk homoseksual dan lesbian, adalah hak individual seseorang. Jika orientasi sex homosexsual dan lesbian adalah hak individu, mengapa kok Islam melarangnya?

Islam juga menghormati dan melindungi hak individu. Tapi menurut saya, Islam menempatkan penghormatan dan perlindungan hak individu itu dalam konteks perlindungan keberlanjutan kehidupan umat manusia. Lho, apa hubungannya dengan larangan orientasi sex sesama jenis?

Karena Islam lebih mementingkan perlindungan keberlanjutan kehidupan umat manusia di atas bumi inilah justru muncul larangan terhadap prilaku dan orientasi sex sesama jenis. Lho kok bisa? Ya, karena orientasi dan prilaku sex sesama jenis tidak akan menghasilkan generasi baru (keturunan). Bayangkan jika orientasi dan prilaku sex sesama jenis ini kemudian menjadi mainstream, bukankah ini sebuah ancaman bagi punahnya spesies manusia di muka bumi?

Tapi bukankah bumi kita ini sekarang sudah terlalu banyak manusia sehingga menimbukan kemiskinan dan keruskan lingkungan hidup? Bukankah dengan kemiskinan dan kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh terlalu banyaknya manusia di muka bumi ini, cepat atau lambat, juga akan menjadikan spesies manusia punah?

Eit..tunggu dulu..kemiskinan dan kerusakan lingkungan hidup di muka bumi ini, menurut saya lebih banyak disebabkan karena ketidakadilan. Segelintir orang (1%) orang menguasai sumber daya alam dan faktor-faktor produksi, sementara 99% lainnya dijadikan buruhnya. Keserakahan 1% orang untuk mengeksploitasi sumberdaya alam demi akumulasi kapital adalah penyebab kerusakan lingkungan hidup.

Kebebasan individu layak dihormati dan dilindungi. Tapi, ketika kebebasan individu itu kemudian justru mengancam keberlanjutan kehidupan spesies manusia di muka bumi, maka kebebasan individu itu dapat dibatasi. Jadi larangan Islam terhadap orientasi dan prilaku sex sesama jenis ini adalah dalam merangka melindungi keberlanjutan kehidupan umat manusia di muka bumi.

Categories: Uncategorized | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Mengapa Islam Mengharamkan Homoseksual dan Lesbian?

  1. XXX

    “Eit..tunggu dulu..kemiskinan dan kerusakan lingkungan hidup di muka bumi ini, MENURUT SAYA lebih banyak disebabkan karena ketidakadilan. ”

    menurut anda?
    lalu saya akan bisa berkata benar kalau HOMOSEKSUAL itu tidak dilarang kan? karena MENURUT SAYA itu tidak salah. seharusnya anda memaparkan fakta, bukan opini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: