Saatnya Melawan Rejim (NEOLIBERAL)

“Saatnya Melawan Rejim”. Itulah bunyi dari spanduk yang terpasang di salah satu Kampus di Bogor, Jawa Barat. Ini mengingatkanku pada suasana di tahun 1998. Di saat itu banyak spanduk yang berisisi gugatan kepada rejim, pada waktu itu rejim Orde Baru.

Harga bahan bakar minyak (BBM) memang tidak jadi naik. Tapi persoalannya bukan berhenti di situ. Harga BBM hanya salah satu saja komoditas yang hendak diliberalisasi. Bahkan, keputusan untuk tidak menaikan harga BBM pun terkesan abu-abu. Ada kemungkinan harga BBM dinaikan pada enam bulan mendatang (sejak bulan April). Bahkan ada yang bilang bahwa kemungkinan harga BBM naik pada bulan Mei 2012.

BBM adalah salah satu dari jenis energi. Dan energi adalah sesuatu yang vital dan mengusai hajat hidup orang banyak. Jadi harga energi tidak bisa diserahkan ke mekanisme pasar. Nah, persoalannya rejim ini, adalah rejim yang seperti kebelet meliberalisasikan ekonomi Indonesia. Ketika nanti ekonomi Indonesia sudah diliberalisasi maka, semua harga barang dan jasa akan diserahkan pada mekanisme pasar. Tak peduli apakah barang dan jasa itu sesuatu yang vital dan menguasai hajat hidup orang banyak atau tidak. Rejim yang memberhalakan mekanisme pasar inilah seringkali disebut dengan rejim neoliberal.

Jika rejim di negeri ini, telah memberhalakan mekanisme pasar, maka dapat pula disebut bahwa rejim sekarang adalah rejim neoliberal. Rakyat memang harus melawan rejim neoliberal ini, tentu saja dengan kapasitasnya masing-masing. Kenapa? Karena di dalam rejim neoliberal ini tidak ada lagi warga negara. Warga negara berikut hak yang melekat di dalamnya telah direduksi menjadi konsumen.

Artinya, negara tidak akan hadir untuk menyelesaikan persoalan warga. Negara baru hadir jika persoalan warga itu mulai menganggu struktur mekanisme pasar bebas. Kejam sekali! Namun, itulah kenyataannya. Dan untuk itu pulalah kita harus melawan rejim neoliberal ini.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: