Kenaikan BBM Itu Hanya Sekedar Test Case Saja…

Para pendukung kenaikan BBM berdalih bahwa kenaikan BBM ini untuk menyelamatkan APBN. Bahwa subsidi BBM salah sasasaran, karena dinikmati oleh orang-orang kaya pemilik mobil. Bahwa subsidi BBM untuk memberdayakan transportasi publik. Bahwa subsidi BBM untuk menyelamatkan lingkungan hidup karena BBM menghasilan emisi gas rumah kaca penyebab perubahan iklim. GOMBAL!

Jika subsidi BBM dihapus atau dikurangi maka APBN bisa dihemat. Uang yang semula untuk subsidi BBM bisa untuk memperbaiki gedung SD hingga perguruan tinggi yang rusak, memperbaiki jalan pedesaan dan infrastruktur rakyat serta untuk mengembangkan transportasi publik. SUPER GOMBAL!

Sudah berkali-kali BBM dinaikan dan didekatkan dengan harga pasar, tapi masih saja banyak gedung SD yang rusak. Jembatan penghubung antar desa yang hancur, coba lihat jembatan di Lebak, Banten yang rusak itu. Photo diambil tahun 2012, dan itu artinya sudah lebih lima kali harga BBM naik. Artinya, penghematan subsidi BBM tidak ditujukan untuk membangun infrstruktur antar desa.

Para pendukung kenaikan harga BBM juga bilang bahwa pencabutan atau pengurangan subsidi BBM untuk menghemat APBN. GOMBAL AMOH!

Mereka bilang penghematan APBN? Orang dana yang sudah dianggarkan di APBN saja penyerapannya rendah kok. Lihat penyerapan APBN 2010 pada kementerian dan lembaga sangat rendah. Untuk tahun 2010 dana yang terserap baru sekitar 56 persen (link). Bagaimana dengan penyerapan APBN di 2011? APBN 2011 per 23 September tercatat, penyerapan anggaran pemerintah baru tercapai 54,4%. Uang yang ada saja tidak terserap dengan baik untuk pembangunan kok, kini mau menghemat APBN dengan mencabut atau mengurangi subsidi BBM. Lantas uang hasil penghematan subsidi BBM nanti dikemanakan?

Para pendukung penghapusan subsidi BBM bilang bahwa jika subsidi BBM dikurangi atau dihapus maka, uang yang ada bisa digunakan untuk membangun transportasi publik yang lebih aman dan nyaman. SANGAT GOMBAL! Sudah lebih dari lima kali harga BBM dinaikan, namun yang banyak dibangun justru jalan tol, jembatan selat Madura, Sunda, flyover, underpass dan bukan jalur kereta api. Padahal, baik jalan tol maupun jalan non tol justru merangsang penggunaan kendaraan bermotor pribadi, dan di sisi lainnya mambunuh transporatasi publik/massal.

Jadi untuk apa sebenarnya kenaikan harga BBM kali ini?
Kenaikan harga BBM kali ini sekedar test case atau uji coba untuk secara bertahap meliberalisasi seluruh sektor yang vital dan mengusai hajat hidup orang banyak. Semua produk barang dan jasa akan diserahkan ke mekanisme pasar bebas. Tak peduli produk itu vital atau tidak bagi kehidupan rakyat. Karena jika semua sudah diliberalisasi sudah tidak ada lagi yang namanya rakyat atau warga negara yang ada hanyalah konsumen.

Kenapa kenaikan harga BBM dikatakan sekedar test case menuju liberalisasi? Setiap kebijakan kenaikan harga BBM selalu mengundang banyak protes. Jika pemerintah bisa mengabaikan protes masyarakat atas kenaikan harga BBM dan meliberalisasi BBM maka sektor lain akan relatif mudah untuk diliberalisasi. Karena sektor lain tidak banyak yang melakukan protes seperti dalam kasus BBM jika diliberalisasi.

Ini lah fase sejarah Indonesia menjadi negara yang memberhalakan pasar bebas. Bumi, air dan kekayaan alam didalamnya tidak lagi dikuasai negara untuk kemakmuran rakyat. Begitu pula cabang-cabang produksi yang penting dan menguasai hajat hidup orang banyak. Di negeri yang memberhalakan pasar bebas, Bumi, air dan seluruh kekayaan alam yang ada di dalamnya dikuasai oleh korporasi dan digunakan untuk memaksimalkan laba dan memiskinkan rakyat, begitu pula cabang-cabang produksi yang penting dan mengusai hajat hidup orang banyak.

Hormat saya kepada para demonstran dari kalangan mahasiswa, aktivis LSM, buruh dan berbagai elemen masyarakat lainnya yang menolak kenaikan harga BBM dan juga melawan upaya liberalisasi ekonomi di Indonesia.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: